Rabu, 13 Oktober 2010

harga bawang merah naik

Harga Bawang Merah Merangkak Naik


PANGKALPINANG, BANGKA POS –
Menjelang akhir pekan di minggu kedua Oktober ini, harga kebutuhan bumbu dapur di pasar tradisional Paritlalang, Pangkalpinang mengalami kenaikan yang cukup signifikan.
Kenaikan kebutuhan bumbu dapur yang terjadi itu pada pedagang eceran khususnya pada bawang merah yang mencapai Rp 4.000 per kilogramnya.
Imron pedagang bumbu dapur dan sayuran yang ada di Pasar Tradisional Pangkalpinang, Jumat pekan kemarin menyatakan, harga bawang merah saat ini mengalami kenaikan menjadi Rp 20 ribu per kilogramnya.
“Dua hari lalu harga bawang merah ini harganya sekitar Rp 16 ribu per kilogramnya, namun naik Rp 4.000 dan menjadi Rp 20 ribu per kilogramnya,” kata Imron, Jumat kemarin.
Adanya kenaikan harga bawang merah ini, kata Imron karena ditingkat agen sendiri mengalami kenaikan. Ia menyebutkan, kalau harga bawang merah di tingkat agen itu yang belum dibersihkan sekarang ini sekitar Rp 18 ribu per kelogramnya. Tetapi, saat di jual di tingkat pedagang bisa mencapai Rp 20 ribu per kilogramnya.
“Kita ini kan pedagang eceran, jadi ambil bawang yang masih ada sanggulnya. Harganya murah, kalu beli yang bersih harga bawang yang kita jual disni belum tentu Rp 20 ribu per kilogramnya,” ungkapnya.
Sedangkan untuk bawang putih, kata Imron saat ini harganya masih stabil, belum ada kenaikan. Disebutkannya, untuk harga bawang putih yang juga diambil dari agen yang sama itu, dijualnya sekitar Rp 26 ribu Rp 28 ribu. “Saat ini yang baru naik itu hanya bawang merah saja, sedangkan bawang putih dan kentang masih stabil harganya,” tukasnya.
Pratiwi warga Paritlalang yang membeli bawang merah di pasar tersebut mengakau kalau dirinya belum tahu ada kenaikan harga bawang merah. “Saya baru beli bawang merah di mas itu, harganya Rp 20 ribu per kilogram,” kata Pratiwi.
Menurutnya, harga bawang saat ini masih relatif saja tidak terlalu mahal. Karena, sejumlah kebutuhan lainnya masih stabil. (spa)

http://www.bangkapos.com/2010/10/10/harga-bawang-merah-merangkak-naik/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar